Tahun pertama kehidupan bayi merupakan masa-masa yang menakjubkan di mana buah hati anda akan bertumbuh dari bayi yang serba bergantung pada anda menjadi anak kecil yang mulai belajar berjalan dan memperlihatkan tanda-tanda awal kemandirian. Berikut ulasan singkat perkembangan bayi usia 1- 3 bulan untuk referensi anda dalam mengasuh dan merawat bayi anda.

Perkembangan bayi usia 1 bulan

Bayi akan kehilangan sebagian berat badannya pada beberapa hari pertama sebelum menjadi stabil dan berangsur-angsur naik kembali ke berat badan waktu lahir.

Indera
Bayi baru lahir hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak dekat sekitar 25cm. Mereka senang melihat wajah dan objek berbentuk bulat dengan gelap dan terang yang kontras serta memiliki garis luar yang tajam karena lebih mudah dilihat. Ia sudah bisa mengenali suara terutama suara sang bunda yang didengarnya tiap hari dalam kandungan serta bereaksi pada suara lembut berirama tinggi dengan ritme yang lambat menenangkan. Indera perasanya belum cukup matang untuk membedakan asam dan pahit, namun sudah bisa mengenali rasa manis. Sedangkan indera penciumannya sudah berkembang sempurna dan sudah bisa membedakan bau puting ibu dan bau asi.

Tidur
Pada beberapa minggu pertama bayi baru lahir akan tidur antara 15 -16 jam per hari. Waktu tidurnya kemungkinan tidak teratur karena bayi masih belum bisa membedakan siang dan malam.

Perkembangan bayi usia 2 bulan

Kemampuan motorik
Bayi usia 2 bulan umumnya sudah lebih kuat untuk menopang kepalanya dan bisa mengangkat kepalanya setinggi 45 derajat pada saat ditengkurapkan atau ditegakkan badannya. Membiasakan bayi tengkurap akan membantu memperkuat otot leher untuk menopang kepalanya.

Tidur
Umumnya bayi 2 bulan butuh tidur 15 – 16 jam per hari yang terbagi dalam beberapa sesi tidur. Bayi asix biasanya terbangun setiap 2 atau 3 jam untuk menyusui.

Indera
Sekarang ia sudah bisa melihat objek dari jarak sekitar 18 inci dan bisa melihat anda dengan cukup jelas pada saat menyusui. Juga bayi anda seharusnya bisa mengikuti gerakan anda pada saat anda mendekat. Pendengaran buah hati anda juga terus berkembang. Bayi anda terutama akan sangat menikmati mendengarkan suara anda.

Perkembangan bayi usia 3 bulan

Kemampuan motorik
Otot lehernya bertambah kuat dan bisa menopang kepalanya tanpa atau hanya sedikit terhuyung-huyung pada posisi tegak. Ia juga mungkin menunjukkan tanda-tanda awal koordinasi mata dan tangan seperti memukul ke arah mainan warna warni yang tergantung.

Indera
Bayi 3 bulan menengok dan tersenyum ke arah suara orang tuanya dan senang mendengar semua jenis musik. Ia masih lebih senang melihat warna-warna yang tajam dan kontras seperti mainan berwarna terang.
Raut wajah juga sangat menarik hati bayi 3 bulan.

Tidur
Sistem saraf semakin sempurna dan lambungnya sudah bisa menerima lebih banyak susu. Hal ini memungkinkan bayi anda untuk tidur lebih lama antara enam sampai tujuh jam dalam satu waktu. Jadwal tidur siangnya juga harusnya lebih teratur sekarang di mana ia akan tidur sebentar sekitar 1 1/2 sampai 2 jam beberapa kali dalam sehari.

Demikian ulasan singkat tumbuh kembang bayi usia 1 sampai 3 bulan. Selalu ingat bahwa tiap bayi berbeda satu sama lain. Setiap bayi berkembang pada waktunya sendiri. Ada yang lebih cepat mencapai milestone tertentu ada pula yang lebih lambat. Bayi anda bisa mencapai milestones nya lebih lambat atau lebih cepat. Jika anda kuatir dengan perkembangannya, silakan konsultasikan dengan dokter anak anda.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tumbuh kembang bayi anda, silakan kunjungi Tahapan Pertumbuhan dan Perkembangan pada Bayi Bulan ke Bulan

Tags: , ,