fungsi-otak-kita

Pembaca yang jenius, untuk dapat mengoptimalkan seluruh kemampuan dan potensi otak Anda, langkah pertama yang harus Anda lakukan, first thing first, adalah mengetahui Buku Manual Otak Anda.

Secara inteligensia, otak berpikir Anda terbagi menjadi 2 belahan yang masing-masing mempunyai fungsi mental yang berbeda-beda, yaitu:

Otak Kiri yang sering disebut Otak Logika, mengatur fungsi mental yang berhubungan dengan kata, angka, analisis, logika, urutan, garis, daftar, dan fungsi motorik bagian tubuh kanan Anda. Jadi saat Anda berbicara, mendengarkan, menulis, membaca, menghitung, berpikir logis, Anda sedang menggunakan otak kiri Anda. Begitu juga saat Anda sedang menghitung, membedah permasalahan atau menganalisis. Otak kiri sifatnya adalah ingatan jangka pendek.

Sedangkan Otak Kanan yang sering disebut dengan Otak Seni atau Otak Kreatif, mengatur fungsi mental yang berhubungan dengan berpikir secara konseptual, gambar, irama, warna, dimensi/bentuk, imajinasi, dan melamun. Ingat, melamun adalah juga suatu skill alias keterampilan. Kalau Anda tidak bisa melamun, maka Anda tidak akan membaca artikel ini saat melihat-lihat judulnya sekilas dan dengan melamun Anda akan mendapatkan banyak manfaat dari buku ini. Otak Kanan juga mengatur fungsi motorik bagian tubuh kiri Anda dan sifat ingatannya adalah jangka panjang. Sebagai contoh, berikut ini adalah beberapa fenomena yang terjadi sehubungan dengan fungsi kedua belah otak Anda tersebut. 

1.   1. Anda tentu pernah atau bahkan sering menyenandungkan sebuah lagu, misalnya saat bekerja, memasak, mengikat tali sepatu, berjalan kaki dan sebagainya. Anda lebih mudah mengingat melodi atau iramanya, namun sulit untuk mengingat lirik lagunya, bukan? Itu karena irama adalah tugas otak kanan yang merupakan ingatan jangka panjang, sedangkan lirik adalah kata-kata merupakan fungsi otak kiri yang berdaya tahan pendek ingatannya.

       2. Anak atau siswa kadang mudah lupa apa yang sudah dipelajarinya, sebab format informasi yang dihafalnya kebanyakan adalah kata dan angka, itu adalah ingatan jangka pendek dari otak kiri yang memprosesnya.

       3. Anda tentu pernah lupa nama orang yang pernah Anda kenal namun jarang lupa wajahnya, bukan? Itu bisa terjadi karena “nama” adalah sebuah kata di mana otak kiri yang memprosesnya, dan otak kiri sifatnya adalah ingatan jangka pendek. Sedangkan “wajah” adalah suatu gambar di mana otak kanan yang bersifat ingatan jangka panjanglah yang memprosesnya.

       4. Dan lain sebagainya.

      Setelah Anda mengetahui buku manual otak Anda, sekarang saatnya Anda untuk mengetahui bagaimana cara mengoptimalkan dan mengelola otak Anda (Manajemen Otak) dengan cara melihat terlebih dahulu seperti apa itu “salah kelola otak” (Mismanajemen Otak) itu. Nantikan artikel berikutnya.

 


Tags: ,